Contoh Soal Isian SKI Kelas V Bab Tentang Umar Bin Khattab


 
1. Sahabat Umar bin Khattab r.a. adalah putera Nufail al-Quraisyi. Nama lengkap beliau adalah Umar bin Khattab bin Nufail bin Abdul Uzza bin Riyah bin Quth bin Razak bin Adi bin Ka’ab bin Luay. Ia masuk Islam lantaran mendengar bacaan al-Qur’an. Setelah masuk Islam, Sayidina Umar bin Khattab tegas dan berani menyuarakan kebenaran dan menolak kebatilan. Karenanya ia dijuluki al-Faruq. Karena keberaniannya ini, dakwah Rasulullah Saw yang tadinya dilakukan sembunyisembunyi kemudian dilakukan secara terang-terangan. Ia teguh memegang janjinya selalu setia membela Islam. 
 
2. Sahabat Umar bin Khattab r.a. diangkat menjadi khalifah pada usia 53 tahun menggantikan khalifah Abu Bakar r.a. Khalifah Umar memenuhi janjinya selaku pemimpin dengan bertindak adil, tegas, penuh kasih sayang dan berani. Pada masanya, dibuatlah kebijakan-kebijakan mengatur lembaga-lembaga untuk melindungi dan melayani masyarakat, seperti jawatan pos, lembaga peradilan, pusat pertahanan, mencetak mata uang, dan membuat kalender hijriah.
 
 Ayo Berlatih! Jawablah soal-soal berikut dengan benar! 
1. Mengapa sahabat Umar bin Khattab diberi gelar al-Faruq? Jelaskan! 
2. Untuk meneladani sikap sahabat Umar bin Khattab yang teguh memegang janji, jelaskan salah satu contoh sikap memegang janji dalam kehidupan sehari-hari! 
3. Jelaskan sifat-sifat mulia sahabat Umar bin Khattab saat menjadi khalifah! 
4. Ceritakan kembali kisah khalifah Umar bin Khattab memenuhi janjinya melayani rakyat yang miskin meskipun telah mengkritiknya! 
5. Khalifah Utsman merupakan pemimpin yang tegas dan disiplin menegakkan keadilan. Para gubernur yang diketahui bertindak tidak adil diberi peringatan keras. Khalifah Umar tidak menggunakan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi. Meskipun menjabat khalifah, ia sangat sederhana. Khalifah Utsman melarang keras penggunaan uang negara diselewengkan untuk kepentingan pribadi (tindakan korupsi).

Post a Comment for "Contoh Soal Isian SKI Kelas V Bab Tentang Umar Bin Khattab"