Contoh Soal Ulangan Harian SKI Kelas 5 Bab Usman Bin Affan


 
1. Nama lengkap sahabat Usman adalah Usman bin Affan bin Abil ’Ash bin Umaiyah. Ia dikenal dengan sebutan Abu Abdullah, lahir pada tahun 573 M di Makkah, pada waktu Rasulullah berumur lima tahun. Ayahnya bernama Affan dan ibunya bernama Arwa.Ia seorang sahabat yang santun, bijak, dermawan, dan sangat mencintai Rasulullah Saw. Pada masa awal Islam, banyak membantu perjuangan Rasulullah Saw. 
 
2. Sahabat Usman bin Affan diangkat menjadi khalifah ketiga menggantikan khalifah Umar bin Khattab. Sikap santun khalifah Usman menjadikannya menyelesaikan persoalan dengan baik. Saat terjadi perpecahan dalam membaca al-Qur’an, khalifah mengambil kebijakan menulis mushaf al-Qur’an yang dijadikan pedoman umat Islam hingga saat ini. Mushaf tersebut disebut mushaf al-Imam atau mushaf Usmani. Dari mushaf ini saat ini umat Islam belajar dan dapat membaca al-Qur’an dengan benar dan terhindar dari perpecahan. Ayo Berlatih!
 
 Jawablah pertanyaan berikut ini dengan benar! 
 
1. Jelaskan arti as-sabiqunal awwalun! 
2. Untuk meneladani kemuliaan sahabat Utsman bin Affan yang santun, jelaskan contoh sikap santun dalam kehidupan sehari-hari yang kamu lakukan! 
3. Sahabat Usman bin Affan adalah sahabat Rasulullah Saw. yang kaya raya dan sangat dermawan. Jelaskan contoh sikap dermawan yang ada di lingkungan kalian! 
4. Saat Usman bin Affan menjabat sebagai khalifah, terjadi perbedaan cara membaca alQur’an. Hal ini menyebabkan perpecahan di tengah umat Islam. Apa yang dilakukan khalifah Usman untuk menyelesaikan masalah tersebut? 
5. Khalifah Usman bin Affan terkenal santun dan lembut. Sikap santun dan kelembutan hati khalifah dimanfaatkan orang-orang di sekitarnya untuk mengambil keuntungan pribadi. Terdapat orang-orang yang memanfaatkan kelebihan khalifah tersebut, yaitu orang-orang yang memperkaya diri sendiri. Padahal semua khulafaur rasyidin, termasuk khalifah Usman melarang sikap memperkaya diri dan menghianati rakyat. Apalagi tindakan korupsi jelas dilarang. Sekarang di negara kita terdapat Komsi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang bertugas memberantas korupsi. Jelaskan akibat tindakan korupsi!

Comments

Popular posts from this blog

Soal Ulangan Aswaja Untuk Kelas 6 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal SKI Kelas 5 Lengkap dengan kunci jawaban | Penilaian Akhir Semester

Contoh Soal Al-Qur'an Hadits PAS Ajaran 2019/2020 Kelas 6