Soal Ulangan Harian Kelas 5 Mapel Ski Bab Abu Bakar As Shiddiq


 
1. Sahabat Abu Bakar r . a . adalah orang yang jujur dan baik hati. Ketika Rasulullah Saw. mendakwah Islam, ia langsung menerima ajaran tersebut dengan penuh keyakinan (sidiq). Ia sangat mencintai Islam dan berusaha keras menyebarkannya, terutama kepada sahabat-sahabat dekatnya. Sahabat Abu Bakar juga menyayangi para sahabat lainnya dan rela berkorban demi mereka (setia kawan). Di antaranya dibuktikan dengan kerelaannya memerdekakan Bilal bin Rabah. 
 
2. Sahabat Abu Bakar r.a. menjadi khalifah selama dua tahun yakni dari tahun 10 H sampai dengan tahun 12 H. Khalifah Abu Bakar dikenal dengan sahabat yang jujur, adil dan bijaksana, dermawan, dan suka bermusyawarah. Kejujuran khalifah Abu Bakar dibuktikan dengan tegas menegakkan kebenaran Islam sehingga saat terdapat sebagian umat Islam yang mengabaikan ajaran Islam, khalifah dengan santun meningatkannya. Saat mereka menolak, selaku khalifah, Abu Bakar menegakkan aturan dengan tegas. Ayo Berlatih! 
 
1. Mengapa sahabat Abu Bakar diberi gelas as-Shiddiq? Jelaskan! 
2. Jelaskan salah satu sikap yang mencerminkan keteladanan sifat jujur sahabat Abu Bakar! 
3. Sebutkan keberhasilan sahabat Abu Bakar selama menjadi khalifah! 
4. Jelaskan proses musyawarah terpilihnya sahabat Abu Bakar menjadi khalifah! 
5. Pada masa khalifah Abu Bakar ash-Shiddiq, sebagian umat Islam tidak mau membayar zakat. Padahal zakat merupakan salah satu rukun Islam. Di samping zakat, terdapat pula perintah untuk melakukan sedekah dan infak. Di Indonesia saat ini terdapat Badan/Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah yang mengelola dana umat Islam. Jelaskan apa saja manfaat zakat, infaq, sedekah yang dikelola oleh badan/lembaga amil zakat tersebut!

Comments

Popular posts from this blog

Soal Ulangan Aswaja Untuk Kelas 6 dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal SKI Kelas 5 Lengkap dengan kunci jawaban | Penilaian Akhir Semester

Contoh Soal Al-Qur'an Hadits PAS Ajaran 2019/2020 Kelas 6