Contoh Soal Ulangan Isian Kelas 5 SD/MI Mapel SKI



Jawablah soal-soal essay berikut ini dengan benar!
1. Jelaskan pengertian khulafaur rasyidin!
2. Jelaskan cara pemilihan khulafaur rasyidin!
3. Sahabat Abu Bakar dikenal dengan julukan as-Shiddiq, artinya jujur dan  membenarkan ajaran Islam yang dibawa Rasulullah Saw. Jelaskan contoh sifat  jujur yang pernah kalian lakukan!
4. Saat menjadi khalifah, Umar bin Khattab mengunjungi rakyatnya dan mendapati  sebuah keluarga yang kekurangan makanan. Terkait hal ini, jelaskan sikap  khalifah Umar bin Khattab dalam menepati janjinya memikul tanggung jawab  sebagai khalifah!
5. Sebutkan apa saja keberhasilan khalifah Utsman bin Affan!
6. Saat sahabat Ali bin Abi Thalib dan keluarganya kekurangan makanan, ia rela memberikan makanan yang siap di makan kepada fakir miskin dan yatim piatu.  Karena itu, ia dan istrinya hanya minum air. Jelaskan bagaimana cara menyantuni  yatim piatu dan fakir miskin?
7. Khalifah Ali merupakan pemuda yang rajin mencari ilmu sehingga mendapat  julukan pintunya kota ilmu. Jelaskan cara kalian meneladani sahabat Ali bin Abi  Thalib dalam menuntut ilmu!
8. Setelah berakhirnya masa khulafaur rasyidin, sistem kepemimpinan dalam Islam  diteruskan oleh Bani Umayah. Jelaskan perbedaan khalifah masa khulafaur  rasyidin dan khalifah sesudahnya!
9. Para khalifah dengan teguh memegang prinsip yang diajarkan Rasulullah Saw. Prinsip yang senantiasa dipegang teguh adalah bermusyawarah dalam memutuskan perkara. Menurut kalian, prinsip musyawarah apa bisa diterapkan  dalam demokrasi di negara Indonesia? Jelaskan!
10. Khulafaur rasyidin adalah para sahabat Rasulullah Saw. yang utama. Sebutkan 
keutamaan sahabat-sahabat yang menjabat khalifah di masa khulafaur rasyidin, 
masing-masing minimal satu saj

Post a Comment for "Contoh Soal Ulangan Isian Kelas 5 SD/MI Mapel SKI "