Contoh Soal Mapel SKI Kelas 5 Tentang Ali Bin Abi Thalib

Nama lengkap sahabat ‘Ali adalah Ali bin Abi Thalib bin Abdul Mutthalib. Sahabat Ali diberi gelar karramallahu wajhah dan merupakan orang yang pertama kali masuk Islam dari kalangan remaja. Sahabat Ali semenjak kecil sudah dididik dengan adab dan budi pekerti Islam. Ia sangat mencintai ilmu, adil, dan mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap sesama. Ia menikah dengan Sayidah Fatimah az-Zahro binti Rasulullah Saw. 
2. Sahabat Ali diangkat menjadi khalifah pada usia 58 tahun dan menjabat selama empat tahun. Ia dikenal sebagai sahabat yang sangat sederhana karena meniru kehidupan Rasulullah Saw, sangat cerdas dan berilmu sangat dalam, tegas dan gagah berani, serta kuat dalam mempertahankan ajaran dan tradisi Rasulullah Saw. Kelebihan khalifah Ali adalah kepeduliannya yang tinggi kepada rakyat. Bukti kepeduliannya ditunjukkan dengan menetapkan Gubernur yang lebih layak menggantikan gubernur lama. Di samping itu, kepeduliannya juga terlihat saat mengoptimalkan Baitulmal. 
 
Ayo Berlatih! Jawablah pertanyaan berikut dengan benar! 
1. Jelaskan sikap kepedulian sahabat Ali terhadap fakir miskin! 
2. Jika ada pengemis datang ke rumahmu, apa yang akan kamu lakukan? Jelaskan! 
3. Apa arti julukan karramallahu wajhah! Jelaskan! 
4. Sebutkan dua kebijakan khalifah Ali bin Abi Thalib yang menunjukkan kepeduliannya terhadap rakyat! 
5. Sahabat Ali adalah pemuda yang cerdas dan mencintai ilmu. Ia rajin belajar mengikuti majelis Rasulullah Saw. Di samping itu, juga pemuda yang pemberani dan tangkas. Ia senantiasa berjuang bersama Rasulullah Saw. bahkan rela menempati tempat tidur Rasulullah Saw. saat malam hijrah ke Madinah. Padahal, menempati tempat tidur Rasululah Saw. taruhannya adalah keselamtan jiwa karena kaum kafir Makkah merencanakan SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM - KELAS V 161 perbuatan jahat dan keji terhadap Rasulullah Saw. Ia juga peduli dengan fakir miskin dan rela memberikan makanan yang seharusnya akan dihidangkan untuk keluarga
 
Baca : 
 

 

Post a Comment for "Contoh Soal Mapel SKI Kelas 5 Tentang Ali Bin Abi Thalib"